• Solusi Pendanaan dari Kartu Kredit. Proses Cepat, Langsung Cair Hari Itu Juga !!!

SELAMAT DATANG DI PONDOK GESTUN, SOLUSI CEPAT PENCAIRAN DANA DI KARTU KREDIT ANDA.

Biaya penggunaan Kartu Kredit

Menggunakan kartu kredit haruslah cerdas, jeli dan teliti untuk menjadi keuntungan bagi penggunanya, apabila tidak demikian bukannya tidak mungkin kartu kredit malah menjadi beban berat ketika tiba jatuh tempo pembayarannya.

Pengguna haruslah bisa memanajemen pemakaian dengan baik, mengetahui dengan pasti fungsi kartu, tidak mudah terayu promo yang malah akan menjadi penumpukan beban tagihan ketika saat jatuh tempo pembayaran.

Nasabah kartu kredit yang bisa dengan apik mengetahui budget dan disiplin dalam pengeluaran dan bisa memanajemen keuangannya, akan selalu mendapatkan manfaat besar dan menguntungkan dari kartu kreditnya.

Untuk membantu anda agar pintar memanajemen kartu kredit anda, maka ada beberapa hal yang mesti anda ketahui, satu diantaranya adalah biaya-biaya yang akan tertagih bila anda menggunakan kartu kredit anda:

1. BIAYA KEANGGOTAAN
Biaya keanggotaan yang pada umumnya ditagih satu tahun sekali, meskipun ada 1-2 bank yang menagihnya bulanan tergantung jenis kartunya, biaya ini akan tertagih pada kartu utama dan kartu tambahannya juga dengan nilai yang berbeda-beda tergantung jenis kartu kreditnya. Pada kasus biaya itu tertagih setahun sekali, biasanya anda dapat meminta keringanan atau bahkan penghapusan biaya ini dengan menelpon ke call center bank penerbit, kemudian biasanya petugas call center akan mengajukan pilihan; antara pemotongan poin atau melakukan transaksi dengan nilai yang minimalnya disepakati bersama operator call center. Bila petugas call center kartu kredit anda menawarkan transaksi dengan nominal tertentu, maka anda bisa memanfaatkan jasa gestun untuk meringankan biaya iuran tahunan kartu kredit anda, untuk detailnya silahkan ke menu manfaat gestun atau klik disini

2. BIAYA TRANSAKSI/ADMIN
Tidak semua bank memungut biaya ini dari nasabah kartu kreditnya, biaya ini baru akan muncul bila anda menggunakan kartu kredit tertentu saja, biasanya kartu yang mengandung unsur promosi ditempat belanja tertentu, bagi yang tergiur dengan promo cash back coba perhatikan laporan transaksi bulanan anda, apabila ada biaya ini muncul ditagihan anda, maka anda harus lebih cermat menyiasati jumlah pembelanjaan anda. Misalnya anda mendapat cashback 2% dengan biaya adminnya adalah 10rb dan anda hanya transaksi dibawah 500rb dibulan itu maka anda sudah “terjebak” oleh biaya ini, karena masih ada biaya materai dan biaya pelunasan yang harus juga anda lunasi pada saat jatuh tempo, belum lagi kalau anda mengaktifkan layanan asuransi credit shield juga.

3. BIAYA CREDIT SHIELD
Biasanya setelah anda mengaktifkan kartu kredit anda untuk pertama kali, 2-3 hari setelahnya akan operator asuransi yang mengaku sebagai petugas dari bank penerbit kartu kredit yang meminta anda untuk mengaktifkan asuransi credit shield, yang berguna bilamana terjadi musibah yang mengakibatkan nasabahnya tidak dapat melunasi tagihan kartu kreditnya, maka asuransi penyedia jasa credit shield inilah yang akan melunasinya (meskipun kenyataannya ada kemungkinan bahwa pihak bank dan asuransi akan saling lempar tanggung jawab pada saat terjadi klaim, sehingga pewaris anda pada akhirnya akan “menyerah” juga, lihat surat pembaca mengenai komplain credit shield dengan klik disini). Meskipun nilainya sangat kecil (biasanya dibawah 1% dari tagihan bulanan) tetapi tetap merupakan beban biaya, terutama bagi anda yang menggunakan kartu kredit sebagai investasi, biaya credit shield ini tentu mengurangi keuntungan anda meskipun sedikit.

4. BIAYA PELUNASAN (PEMBATALAN CICILAN)
Apabila anda memiliki cicilan di kartu kredit anda, dan anda ingin melunasinya lebih cepat dari bulan jatuh tempo pelunasan yang telah ditetapkan, maka pihak bank akan menagih biaya pelunasan langsung ini, biasanya 2% dari sisa pokok hutang, tetapi ada juga bank yang mengenakan denda besar pada biaya pelunasan sampai 6%. Pada umumnya bank sangat menyukai nasabah yang melunasi hutang sesuai jadwal yang ditetapkan saja.

5. BIAYA MATERAI
Biaya ini akan muncul apabila anda melakukan pembayaran diatas 250rb, antara 250rb s/d 1jt dikenakan biaya materai sebesar 3rb rupiah, dan bila anda melakukan pembayaran diatas 1jt akan dikenakan biaya materai sebesar 6rb rupiah. Meskipun kecil sebaiknya tetap harus anda hitung, terutama bila menggunakan kartu kredit untuk investasi bisnis.

6. BIAYA BUNGA PEMBELANJAAN  DAN TARIK TUNAI
Ada 2 jenis bunga yang biayanya dibebankan ke nasabah kartu kredit, yaitu bunga pembelanjaan dan bunga untuk tarik tunai kartu kredit di ATM, bunga pembelanjaan baru akan muncul bila anda telat membayar tagihan dan atau bila anda hanya membayar sebagian dari tagihan kartu kredit anda, biaya bunga pembelanjaan ini biasanya mulai muncul pada tanggal cetak bulan berikutnya dari transaksi anda (biasanya antara 2,95% s/d 3,5% dari tagihan yang belum dibayar pada saat jatuh tempo), berbeda lagi dengan biaya bunga tarik tunai yang instan langsung tertagih ditanggal cetak tagihan kartu kredit anda. Dalam hal ini, gestun memberi penawaran bunga yang lebih baik daripada bank penerbit, untuk membandingkan nilai fee gestun silahkan klik disini

7. BIAYA KETERLAMBATAN (LATE CHARGE/DUNNING FEE)

Sesuai dengan namanya biaya keterlambatan ini baru akan ditagih oleh pihak bank pernerbit kartu kredit apabila anda sebagai nasabah pemilik kartu kredit melewati tanggal jatuh tempo tetapi belum membayar tagihan minimum kartu kredit anda. Bila anda tidak disiplin dalam menata pembayaran dan manajemen keuangan seputar kartu kredit anda, maka biaya inilah yang paling sering menjadi beban bagi anda, terutama bagi anda-anda yang masih menerima laporan tagihan kartu kredit via pos atau jasa kurir (sering terlambat sampai ditangan anda). Besar biaya yang ditagih oleh bank biasanya 3 persen dari tagihan yang belum terbayar ditanggal jatuh tempo bulan sebelumnya, tetapi ada juga bank yang langsung menagih nilai maksimal sesuai dengan tipe kartu kredit anda.

8. BIAYA CETAK DAN PENGIRIMAN LEMBAR TAGIHAN
Banyak juga bank yang membebani biaya cetak dan pengiriman lembar tagihan kepada nasabahnya langsung (biasanya antara 5rb – 12rb), untuk menghilangkan biaya ini biasanya bank menawarkan agar laporan tagihan anda dirubah menjadi e-statement lewat pengiriman via email. Kalau anda aktif memeriksa email anda, go green dengan e-statement bisa menjadi pilihan yang menarik, disamping melalui email dapat mempercepat informasi tagihan kepada anda sehingga anda tidak akan terlambat membayar kartu kredit yang diakibatkan oleh terlambatnya pengiriman laporan tagihan bulanan via pos atau kurir.

9. BIAYA PENERBITAN KARTU BARU
Pihak bank penerbit akan membebankan kepada anda biaya penerbitan kartu baru ini (biasanya sekitar 50rb), bilamana anda mengajukan permohonan penggantian kartu baik yang disebabkan oleh hilang atau rusaknya kartu kredit anda, maupun disebabkan oleh hal lainnya.

10. BIAYA KELEBIHAN PEMAKAIAN (OVER LIMIT)
Yang paling sering terjadi penagihan biaya overlimit ini adalah pada saat nasabah telat membayar tagihan kartu yang mengakibatkan bengkaknya tagihan kartu kredit hingga melebihi batas pagu kredit yang ditetapkan pihak bank. Situasi lainnya adalah pada saat nasabah sendiri yang mengajukan kenaikan limit melebihi batas pagu kredit yang ditetapkan (Biasanya untuk kasus “khusus”), dan pihak bankpun menaikkan batas pagu kreditnya hanya untuk “sementara” saja. Besar biaya overlimit sangatlah berbeda-beda tergangtung kasusnya. Bank biasanya menagih sebesar 3%-5% dari kelebihan dana yang digunakan dari batas pagu kreditnya, atau dengan nilai minimal 50rb-150rb tergantung mana yang lebih tinggi.

11. BIAYA KONVERSI MATA UANG ASING
Semisal anda berbelanja di internet pada situs luar negeri, ataupun pada saat traveling keluar negeri, maka biaya konversi ini akan muncul pada lembar tagihan anda. Khusus kepada anda yang suka menggunakan kartu kreditnya diluar negeri, bank-bank di Indonesia banyak yang mengeluarkan promosi khusus berupa poin/mileage yang dapat dirubah menjadi keuntungan/bonus bagi anda, bahkan beberapa kartu kredit memiliki nilai tukar yang lebih baik daripada tempat money changer.

Maka daripada itu sebaiknyalah anda teliti dan disiplin dalam menggunakan dan membayar kartu kredit anda guna menghindari munculnya salah satu dari biaya-biaya yang tersebut diatas pada lembar tagihan anda.

©2016 Pondok Gestun All right reserved   Developed by javwebnet